Kamis, 03 Desember 2009

BAB 3



1. Penggunaan Internet untuk komunikasi ( E-mail )


E-mail ( Electronic Mail ) merupakan salah satu fasilitas tertua dalam penggunaan Internet.E-mail merupakan fasilitas Internet yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna.Dengan adanya e-mail maka akan mempermudah orang dari seluruh penjuru dunia untuk saling berkomunikasi dalm waktu singkat.

Salah satu alas an disebarluaskannya penggunaan Internet sebagai jaringan computer internasional adalah karena fleksibilitas dari berbagai jenis computer yang dapat terhubung dengan Internet.Jenis computer ( Macintosh, PC, atau jenis computer lainnya).Cara digunakan untuk mengakses Internet ( dengan modem atau sebuah jaringan LAN ).

Terdapat 2 jenis layanan e-mail.yaitu sebagai berikut :
• E-mail yang berbasis web
Jenis e-mail ini,seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web e-mail.Pengguna harus terhubung dengan Internet.Beberapa web e-mail penyedia layanan Internet gratis sudah banyak tersedia di Internet, misalnya TelkomNet Mail, Yahoo, Hotmail.
• E-mail yang bebasis client
Dibutuhkan seperangkat lunak apabila akan menggunakan e-mail pada jenis e-mail ini, misalnya Eudora atau Microsoft Outlook.Fasilitas ini disediakan perangkat lunak tersebut, antara lain fasilitas untuk menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan Internet.

2. Fungsi E-mail sebagai Alat Komunikasi


E-mail berasal dari kata electronic mail.E-mail atau surat elektronik adalah salah satu cara untuk mengirimkan pesan dalm format data elektronik dari satu computer kekomputer lainnya.Komputer terhubung dengan computer lainnya ( misalnya , dengan modem ) dan data dikirimkannya melalui jalur tersebut.E-mail merupakan alat komunikasi yang mudah,murah dan cepat.
Penggunaan e-mail memungkinkan dat dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat.Kamu dapat mengirim file berupa program, gambar, grafik dan file lainnya.
E-mail juga dapat digunakan untu mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga dikampung halaman atau luar negeri.E-mail juga mempunyai dampak negative.misalnya sebagai alat penyebaran virus computer dan alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan buruk.

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan e-mail, diantarannya adalah sebagai berikut :

  1. Melalui penyedia e-mail gratis
  2. Undangan dari teman
  3. Dari Internet Service Provider ( ISP )
  4. Dari perusahaan
  5. Memesan sendiri

B. Mendeskripsikan Persamaan dan Perbedaan Mailbox di Kantor Pos ( Fisik ) yang memiliki identitas dan kunci dengan Mailbox E-mail ( Logik )yang memilki User ID dan Password.

Pengguna e-mail memiliki sebuah kotak surat yang disebut dengan mailbox yang tersimpan dalam mailserver.Untuk dapat membuka mailbox, pengguna harus memasukkan user ID dan kata kunci ( password ).Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya.Pesan yang diterima akan disimpan dalam mailbox,selanjutnya pemilik mailboxsewaktu-waktu dapat melakukan pengecekan isi,membaca,menjawab,menghapus,dan mengirim pesan ( e-mail).

C. Menggunakan Alamat Tujuan dan Subjek untuk Membuat E-mail.

Alamat e-mail bersifat unik sehingga tidak mungkin dua orang berbeda memiliki alamat e-mail yang sama.

Penyedia layanan e-mail :

Yahoo! : mail.yahoo.com

Gmail : mail.gmail.com

Hotmail : www.hotmail.com

Plasa : www.plasa.com

  1. Melakukan Pendaftaran di Yahoo Mail

Yahoo! Mail merupakan salah satu web yang paling popular di masyarakat.Situs ini meyediakan kapasitas layanan e-mail gratis sampai 1 Giga Byte ( GB ).

Langkah-langkah pendaftaran di Yahoo!Mail :

· Klik tombol start

· Klik browser website , misalnya Microsoft Internet Explorer

· Buka situs yahoo!mail di http://mail.yahoo.com,dengan cara mengetikkan alamat tersebut di kotak Address

· Klik sign up, isi form pendaftaran dengan datamu

· Isi enter the code shown pada bagian verify your registration, yaitu pengisian kode.

· Jika kamu telah selesai mengisikan data diatas maka langkah terakhir adalah baca ketentuan layanan oleh disediakan yahoo mail.Pada bagian Term of service, jika kamu setuju dengan ketentuan tersebut klik tombol I agree.

Jika terdapat kesalahan pada saat pengisian data yahoo akan memberitahukan kesalahan tersebut.

· Sebaiknya kamu mencatat yahoo ID dan e-mail yang ditampilkan Yahoo,kemudian klik continue to yahoo mail

· Setelah mengklik continue yahoo mail, kamu akan masuk ke yahoo!mail atau e-mail account yang kamu miliki.Kamu akan mendapatkan pesan pada kotak pesan ( inbox ) yang berisi ucapan selamat bergabung dari yahoo!.

· Sekarang, kamu sudah mempunyai e-mail di yahoo!.Untuk keluar dari e-mail yahoo tulisan Sign Out.Klik Sign Out completely untuk kembali ke website yahoo!.

2. Menggunakan Yahooo! Mail

Menggunakan e-mail ,langkah-langkahnya :

ü Klik tombol start,pilih browser misalnya Internet Explorer.

ü Buka situs Yahoo! Mail di http://mail.yahoo.com, dengan cara mengetikkan alamat tersebut di kotak address.Isi ID dan password yang kamu miliki pada bagian Sign In.

ü Apakanh terdapat pesan atau tidak , kamu cukup meliohat dan mengklik tulisan inbox.Dalam tampilan login,selain terdapat kotak surat terdapat juga draft,sent,bulk,trash.

ü Klik salah satu subjek e-mail yang akan kamu baca,sehingga halaman e-mail yang akan kamu baca akan terbuka.

D. Melakukan Attachment File dalam E-mail

1. Mengirim E-mail

v Klik ikon Compose

v Akan muncul halaman Compose

v Pada kotak TO, Ketikkan alamat e-mail penerima dan pada kotak subject ketikkan dengan perihal atau judul dari e-mail.

v Kotak Cc isikan alamat tujuan lain

v KOTAK Bcc isi dengan alamat tujuan lain yang mendapatkan tembuasan e-mail.Untuk memunculkan kotak Cc dan Bcc, pada bagian Options General Preferences Always show as fields

v Ketik isi e-mail yang ingin kamu kirimkan pada kotak editor

v Klik tombol Send untuk mengirimkan e-mail

v Konfirmasi pengiriman e-mail kamu

v Klik back to Inbox untuk kembali ke kotak surat

  1. Mengirim Attachment File dalam E-mail

- Menuliskan pesan di kotak teks editor,klik tombol attach files

- Pilih file dengan cara mengklik tombol browse

- Klik attach files

- Akan ditampilkan kotak proses pengambilan file


- Proses pengambilan file berhasil,maka kli tombol continue to message

- Kembali ke halaman e-mail muncul; diatas tomboml attach files.

- Klik tombol send untuk mengirim e-mail beserta lampiran

E. Melakukan Reply dan Forward

1. Melakukan Reply e-mail

- Buka surat pada kotak surat

- Klik tombol reply

- Klik tombol Attcah files

- Klik tombol send

- Klik Back to Message untuk kembali ke kotak surat

2. Melakukan Forward e-mail

- Buka surat pada korak surat ( inbox )

- Klik tombol forward

- Tuliskan alamat e-mail tujuan pada kotak isian TO

- Klik send

- Klik Back to message

F. Melakukan Download Attachment dan Memindahkan pada media lain


Langkah-langkah :

  1. Buka e-mail yang mengandung attachment
  2. Selanjutnya ,akan ditampilkan halaman e-mail yang kamu terima.Perhatikan bagian bawah e-mail terima terlihat file attachment
  3. Klik nama file attachment pada kotak subjecy e-mail untuk membuka atau menyimpan file
  4. Klik Scan and Download Attachment
  5. Klik Download Attachment jika file attachment yang sudah kamu scan benar-benar bebas dari virus
  6. Selanjutnya, kan muncul kotak dialog untuk download file,terdapat beberapa pilihan :

- open

- save

- cancel

- more info

  1. Misalnya, kamu ingin menyimpan file attachment klik tombol save kemudian akan ditampilkan kotak dialog save as
  2. Tentukan direktori atau folder penyimpanan data pada kotak save in
  3. Ketikkan nama file
  4. Klik tombol save, kemudian akan ditampilkan kotak dialog Download Attachment
  5. Klik tombol open,untuk membuka file.

G. Kode Etik Penggunaan E-mail

1. Hindari penggunnaan huruf capital terhadap seluruh isi pesan

2. Hormati privcy orang lain

3. Ingatlah bahwa semua orang suka menerima segala hal yang kamu anggap lucu

4. Jangan teruskan surat berantai

5. Jangan lakukan spam

3. Perhatika dahulu susunan e-mail “ forward” kamu apabila ingion mengirim

sebagian atau seluruh pesan kepada pihak lain

7. Selalu ingin bagian subjek jangan dibiarkan kosong

8. Gantilah Subjek atau judul e-mail apabila topic pembicaraan kamu berubah

9. Hapuslah pesan reply yang tidak perlu

10.Jangan mudah tersinggung, reaksi berlebihan atau terburu-buru menghapus

suatu e-mail tanpa berusaha memikirnya dengan baik

11.Bersabarlah dalam menunggu balasan reply

12.Jangan mengirim e-mail dengan lampiran attachment yang terlalu besar

kecuali memang diminta

13Hindarilah kesalahn ejaan ataupun tat bahasa tetpi tidak perlu mengkritik jika

terdapat kesalahan pada e-mail yang kamu terima

14.Hindari penggunaan kata-kata “peda” karena akan membuat orang merasa

tidak enak hati

15.Baca Frequently Asked Question ( FAQ ) jika kamu baru bergabung dalam

sebuah kelompok diskusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
layout made by Sheila Deasi on House Of Templates