Senin, 30 November 2009

BAB 1

A. Konsep Internet

Internet adalah kumpulan atau jaringan komputer yang terdapat di seluruh dunia. Internet seperti sebuah kota elektronik yang sangat besar dimana setiap penduduk mempunyai alamat (Internet eddress) yang dapat berkirim surat atau informasi. Sampai saat ini diperkirakan lebih dari 30.000 jaringan degan alamat lebih dari kurang 30 juta di seluruh dunia. Internet dapat disebut juga ruang maya (cyberspace).

1. Sejarah Internet

Ringkasan sejarah internet

- ilmuwan komputer melakukan riset untuk menghubungkan beberapa sistem pada jaringan.

- ARPANET (DoD Advenced Research Project Agency) telah berhasil menghubungkan

- pengaturan internet ke U..S. Defense Communications Agency.

- USENET mulai menawarkan sistem konverensi secara broadcast dan newsgroup.

- BITNET (Because It's Time Network) mulai menawarkan e-mail dan daftar server untuk distribusi informasi.CSNET (Computer Sience Network) menawarkan dial up service untuk e-mail. pada saat itu orang" sudah dapat mengakses internet menggunakan komputer desktop.

- TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) menjadi standar untuk komunikasi jaringan pada ARPANET.

- MILNET dan DDN (Defense Data Network) memisahkan diri dari ARPANET.

- diperkenalkannya sistem Domain Server Name.(DSN)

- Robert morris, Jr. mengeluarkan "worm" untuk pertama kalinya ke internet

- CERN (the European Particle Physic Laboratory in Switzerland) mengembangkan World Wide Web.

- Presiden Clinton menjadi presiden pertama yang menggunakan pengiriman surat secara elektronik dengan alamat president@whitehouse.gov.

- Digital video dan audio ditransmisikan melalui internet.

2. Prinsip Koneksi

Satu computer dapat terhubung dengan komputer lainnya jika komputer tersebut beraada dalam suatu jaringan dengan computer lainnya atau disebut network. fasilitas internet dapat digunakan dengan memanfaatkan layanan yang disediakan perusahaan penyedia akses internet yang disebut ISP (Internet Service Provider). ISP bertanggung jawab bagaimana koneksi ke internet dapat dilakukan sampai kamu dapat melakukan fasilitas internet tersebut.

3. Kegunaan Internet

Internet dapat menguntungkan semua bidang (bisnis, akademis, pemerintahan dll) antara lain.

1. Informasi dapat mudah dan lebih murah dengan aplikasi

2. Mengurangi biaya kertas dan distribusi

3. Sebagai media promosi

4. Komunikasi interaktif

5. Sebagai alat research dan development

6. Pertukaran data

4. Pertumbuhan Internet

Pada tabel berikut kita lihat betapa masif perkembangan internet yang pada tahun 1995 “baru” 16 juta orang menggunakan internet, dan pada tahun 2008 sudah lebih dari 1 miliar pengguna.

[sumber: http://www.internetworldstats.com/images/growth2007.png]

Penyebaran pengguna internet awalnya memang lebih banyak di tempat asalnya yaitu Amerika Serikat, namun pada diagram di bawah terlihat perkembangan pengguna internet juga berkembang di wilayah lainnya. Hal ini menunjukkan semakin tersebarnya teknologi internet ini.

Selanjutnya data di bawah menunjukkan tingkat penetrasi internet menurut wilayah. Dari tabel tersebut dapat diperkirakan peluang perkembangan internet terutama di wilayah yang penetrasinya masih sedikit [1]. Sebagai contoh, Asia yang perkembangannya begitu besar, hingga 346,6% selama tahun 2000 hingga 2007 tetapi penetrasinya masih 13,7%. Perkembangan infrastruktur yang pesat belakangan ini dan konvergensi teknologi yang memungkinkan semakin mudahnya mengakses internet melalui berbagai perangkat akan berpengaruh pada terus meningkatnya pertumbuhan pengguna internet.


Di Indonesia sendiri per tanggal 31 Desember 2007, pengguna internet berjumlah sekitar 20 juta, dengan pertumbuhan pengguna dari tahun 2000 hingga 2007 sekitar 900% dan penetrasinya baru 8.5% dari jumlah penduduk [1].

Pertumbuhan bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia juga bisa dilihat dari data Indikator Makro ICT Nasional oleh Departemen Komunikasi dan Informasi pada awal tahun ini yang salahsatunya menyebutkan pertumbuhan 51% pelanggan seluler [2]. Angka pertumbuhan pelanggan seluler ini cukup penting karena dengan adanya teknologi perangkat internet bergerak pada telepon seluler, para penggunanya mampu mengakses informasi melalui internet dimanapun dan kapanpun mereka mau sehingga mempercepat penetrasi internet.
Penetrasi perangkat bergerak (telepon seluler, personal digital assistant, komputer jinjing, dan semacamnya) di Indonesia cukup tinggi yaitu 39% sedangkan pengguna internet kecepatan tinggi melalui perangkat bergerak (mobile broadband internet) per akhir 2007 adalah 315.000 orang, merupakan yang tertinggi di ASEAN [3].

Data perkembangan infrastruktur dan teknologi komunikasi di atas menjanjikan pertumbuhan industri konten sebab tanpa aplikasi dan konten, internet seperti jalan besar yang sepi. Aplikasi yang dapat dijalankan di internet yang banyak dipakai misalnya surat elektronik (e-mail), chatting, halaman situs (world wide web), dan berbagi berkas. Semakin bertambahnya pengguna internet membutuhkan konten yang semakin banyak dan beragam


B. Mendeskripsiakn Fungsi Perangkat Keras yang Digunakan untuk Akses Internet

Terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk akses internet, yaitu menggunakan gelombang radio, saluran tv, kabel, jaringan telepon, atau telepon genggam (handphone). Akan tetapi media yang sering digunakan melalui saluran telepon (dikenal sebagai PPP / Point-to-point protocol).

1. Perangkat Komputer Pribadi

Spesifikasi minimal komputer yang dapat digunakan untuk akses internet yaitu, seperangkat computer dengan processor Pentium atau setaranya, minimal Pentium 133 MHz, didukung RAM berkecepatan 32 MB dan Harddisk berkapasitas cukup besar yang digunakan untuk menyimpan software yang berhubungan dengan internet.

2. Modem (Modulator Demodulator)

Modem digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya. Misal digunakan untuk menggunkan dua computer melalui dial-up dengan menggunakan saluran telepon dalam mengakses data melalui jaringan atau Internet. Terdapat 2 jenis modem, yaitu modem eksternal dan internal.modem internal terdapat pada dalam computer yang berbentuk card pada slot CPU. Sedangkan modem eksternal letaknya terpisah dari computer. Modem juga dikenal sebagai Data Communication Equipment (DCE).

Beberapa keuntungan modem internal adalah lebih hemat dan tidak menggunakan adaptor seperti modem eksternal tetapi modem internal mempunyai kelemahan, yaitu adanya indikator yang sebagaimana modem eksternal. Akibatnya susah memantau status modem. Kecepatan sebuah modem diukur dengan satuan bps (bit per second) atau kbps (kilo bit per second). Semakin tinggi kecepatan sebuah modem maka semakin cepat pula koneksi dan menghemat biaya telepon.

3. Saluran Telepon

Telepon dan modem merupakan dua alat yang penting jika kamu mengakses internet. Kamu dapat langsung mengakses internet menggunakan modem dial-up dan saluran telepon, misalnya kamu ingin menggunakan internet dari Telkomnet Instan yang dapat digunakan langsung tanpa mendaftar terlebih dahulu.

4. Perangkat Lunak (Software)

Terdapat beberapa software yang biasa digunakan yaitu Internet Explorer dan Netscape Navigator.

5. Internet Service Provider (ISP)

Untuk berlangganan Internet, kamu harus menghubungi penyedia jasa Internet (provider) yang terdapat di kotamu. Akan tetapi, saat ini dengan terobosan baru seperti Telkomnet Instan dari Telkom.

C. Mendeskripsikan Peran Internet Service Provider (ISP)

ISP ialah suatu perusahaan yang berperan menyediakan jasa layanan akses Internet baik kepentingan pribadi maupun kepentingan perusahaan. Terdapat berbagai jenis layanan yang digunakan oleh suatu ISP seperti dial-up, hotspot, mobile acces, wireless, dan dedicated connection.

a) Dial-up

Dial-up merupakan layanan yang disediakan untuk para pengguna internet yang ingin menggunakan akses melalui kabel telepon yang didukung oleh modem.

b) Hotspot

Hotspot merupakan layanan untuk pengguna yang membutuhkan koneksi Internet pada lokasi-lokasi tertentu, seperti di mal, kafe, dan bandara. Koneksi ini dapat digunakan dengan menggunakan notebook yang didukung teknologi Wi-Fi.

c) Mobile Access

Mobile Access merupakan salah satu akses Internet yang dapat diperoleh secara mudah dan praktis melaui perangkat telepon genggam.

d) Wireless

Wireless merupakan layanan internet dengan menggunakan teknologi tanpa kabel.

e) Dedicated Connection

Dedicated Connection digunakan untuk mengakses internet melalui fiber optic, jaringan TV kabel, satelit, dan telepon rumah.

D. Mendeskripsikan User ID dan Password

Untuk mengakses system yang terdapat pada ISP biasanya kita harus memberikan sebuah identitas untuk memasuki system mereka, yang disebut account. Setidaknya, informasi yang harus kita miliki adalah username dan password. Username merupakan nama login kamu sedangkan password merupakan kode rahasia kamu.



referensi:

[1] www.internetworldstats.com/stats3.htm [diakses 15 April 2008]

[2] http://plinplan.com/internet/7164/2008/01/31/ict-indonesia-tumbuh-pesat [diakses 16 April 2008]

[3] http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/04/tgl/15/time/140933/idnews/923727/idkanal/328 [diakses 16 April 2008]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
layout made by Sheila Deasi on House Of Templates